Vrydag, 29 Maart 2013

Sinopsis novel "impian sahabat"




Judul Buku          : Impian Sahabat
Penulis                : Dian Eka
Penerbit             : PT. Gramedia Pustaka Utama Jakarta              
Tahun                 : 2010
Jumlah halaman  : 200 halaman
 
SMA Pelita yang terletak di tengah kota Jakarta. Bel sekolah yang sudah berbunyi sejak lima menit yang lalu yang artinya sudah melaksanakan kegiatan belajar mengajar, Yang selalu ada beberapa siswa yang menjalani hukuman di awal harinya. Pak Simorangkir guru yang selalu berada di depan gerbang untuk mengawasi kedatangan para siswa dan ia guru yang paling ditakuti di sekolah itu mendapati seorang siswa yang berusaha meloncati pagar. Ternyata, siswa tersebut bernama Bagio Alexandro alias Iyok yang sekarang berada di kelas sepuluh tiga. Iyok yang terkenal sering bersin jika sedang gugup ini mempunyai 3 sahabat yang juga mempunyai sifat yang berbeda, yaitu Uwie yang hobi mengorek kuping, Jenny yang jutek, dan Shanty yang dewasa
.
Setelah berhasil menghadapi pak Simorangkir akhirnya Iyok di izinkan untuk masuk kelas. Shanty dan Uwie yang dari tadi menunggu iyok untuk memasuki kelas karena ada ulangan di jam pertama yaitu ulangan kimia dengan bu Yeyen guru yang terkenal superkiller itu. Iyok pun sampai di depan kelas tetapi bu Yeyen tidak mengizinkan Iyok mengikuti ulangannya. Selesai jam pelajaran bu Yeyen ada pelajaran biologi dengan guru yang terkenal lucu dan sangat humoris yaitu pak Heru.
Setelah jam istirahat 4 sahabat ini kembali ke kelas untuk melanjutkan jam pelajaran dan pada saat jam istirahat kedua, keempat sahabat itu hanya berkumpul di kelas yang sedang membahas Fanny, cewek cantik SMA Pelita itu yang sedang jadi gebetannya Iyok. Sepulang sekolah keempat sahabat itu ke Senayan City dan pada saat mereka berjalan tidak sengaja mereka melihat sebuah poster besar yang terpampang di sebuah tokoh. “eh, ada pemilihan bintang iklan tuh” kata Jenny “lo mau jadi bintang iklan” Iyok tertawa. “nggak usah mimpi yang aneh-aneh gitu deh. Mimpi boleh aja, tapi yang wajar.” ‘idih! Masa mau mimpi aja ada aturannya,” jawab Jenny sambil melangkah mendekati poster tersebut. BUAT KAMU YANG NGAKU GAUL DAN PENGEN BEKEN, IKUTI PEMILIHAN BINTANG IKLAN SUPLEMEN REMAJA DENGAN HADIAH LIMA PULUH JUTA RUPIAH. “hah? Lima puluh juta ? duit semua tuh” seru Shanty kaget. “nggak, ty dicampur kerupuk” jawab Iyok. DICARI SEKELOMPOK DAN COWOK GAUL YANG TERDIRI ATAS 4-6 ORANG. Setelah Jenny membaca poster tersebut Jenny tertarik dan mengajak temannya untuk mengikuti lomba itu tetapi tidak ada satu orang pun yang mendukung rencananya. Sesampai rumah, Jenny makin nggak bisa melupakan keinginannya untuk mengikuti lomba itu dan mencari cara untuk membujuk teman-temannya lagi.
          Pada hari rabu mereka mendaftarkan diri. Namun masalah mulai muncul ketika mengikuti lomba pencarian bakat remaja. Mereka bertekad untuk menang demi mendapatkan hadiah uang dari lomba tersebut. Berbagai konflik menimpa dan mengancam persahabatan mereka. Tiga hari kemudian pada hari sabtu itu nomor tak dikenal muncul di layar HP pembokat Jenny. Lalu, sekejap setelah pembicaraan dengan orang asing yang menghubunginya itu berakhir, Jenny tampak melongo. Tubuhnya gemetar, keringat mengucur deras di tubuhnya.otaknya seperti berhenti berfungsi selama beberapa detik. Tidak tahu harus berbuat apa. Yang lebih parah, saking syoknya Jenny sampai ngompol, Jenny pipis di celana. Beberapa menit Jenny menelpon Iyok dan berkata “KITA LOLOS PEMILIHAN BINTANG IKLAN” kata Jenny. “HATCHYIIII!! Hah?” Iyok kaget “barusan panitianya nelpon, ngasih tau kita lolos seleksi tahap pertama. Besok kita di suruh datang jam sepuluh” kata Jenny yang sangat bersemangat tanpa memikirkan besok ada ulangan Matematika daaaan gurunya itu adalah pak Simorangkir. Jenny pun memutuskan kalau satu jam lagi mereka semua harus ada di rumah Iyok tetapi Uwie yang tidak bisa ada di rumah Iyok karena masih di Semarang.
Dua minggu telah berlalu sejak Jenny, Shanty, Uwie, dan Iyok mengikuti audisi pemilihan bintang iklan tahap kedua. Namun, mereka belum juga mendengar kabar tentang kelanjutan acara itu. Impian keempat sahabat itu jika menang Jenny yang ingin membeli iPhone, Iyok yang bisa ngbeliin tiket konser di Singapura buat Fanny, Uwie bakalan hair extension, dan Shanty ingin buka took kue buat nyokapnya. Tetapi sejak Iyok ditolak Fanny, Iyok jadi tidak punya alasan lagi untuk nerharap keluar sebagai pemenang. Entah mengapa, belakangan ini Iyok setiap mengingat sahabatnya yang judes itu jantung Iyok jadi berdebar lebih cepat daripada biasanya.
Bel di rumah Jenny bunyi. Pagi-pagi begini pembantu Jenny lagi ke pasar, jadi tak ada orang lain Jenny harapkan membuka pintu. Di depan pintu rumah, Jenny menemukan seikat mawar putih yang harum. Jenny memungut karangan bunga cantik itu dan dilihatnya kartu kecil terselip di antara tangkai-tangkainya.
Kalau pagi kemarin Jenny menemukan seikat bunga di depan pintu, hari ini Jenny menemukan sepucuk surat tanpa nama pengirim di atas meja belajarnya yang pembantu Jenny menemukannya di kotak surat tadi pagi. Sesaat kemudian Jenny membuka amplop itu yang berisi lipatan kertas surat. Surat itu memang jauh dari indah, Jenny senang mendapatkannya. Dilipatnya kembali surat itu lalu disimpannya dalam laci meja belajarnya. Dengan tangan gemetaran Jenny memencet nomor telpon yang sudah sangat dikenalnya. Jenny buru-buru berucap tapi yang angkat telpon itu adalah papanya Iyok karena Iyok lagi di kamar mandi. Tak lama Jenny dan Iyok pacaran.
Setelah menunggu sekitar tiga minggu, akhirnya salah satu impian mereka tercapai juga. Seminggu lalu mereka dinyatakan keluar sebagai pemenang pemilihan bintang iklan. Semenjak dinobatkan menjadi pemenang, keempatnya semakin tenar di kalangan sekolah. Bahkan Iyok yang tadinya termasuk cowok yang tak pernah diperhitungkan, mulai dilirik cewek-cewek. Termasuk Fanny, tapi Jenny yang laksana herder di sisi Iyok selalu berhasil menfhalau lirikan-lirikan nakal dan menggoda itu. Dan dari hadiah kemenangan itulah akhirnya mereka mendapatkan uang yang mereka perlukan untuk memenuhi impian mereka. Meskipun, akhirnya penggunaan uang itu ada yang berbeda dari niat awal ketika mereka mengikuti lomba.

1 opmerking: